Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Disparpora Bone Bolango Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

| Juni 14, 2023 WIB

 

Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata (foto: Noka)


Kabardesa.co.id, GORONTALO - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata yang diikuti oleh 40 peserta berasal dari unsur
Pengelola Desa Wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Pencinta Alam, Komunitas, Jurnalis, Jejaring Bonebol, Satpol PP, Generasi Lestari dan Pemerhati Pariwisata Bone Bolango yang digelar di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Rabu (14/6).


Sebagaimana diketahui, Kabupaten Bone Bolango memiliki 25 desa wisata sesuai SK Bupati Bone Bolango Nomor 131/KEP/BUP.BB/121/2021 tentang Penetapan Desa wisata di Kabupaten Bone Bolango.


"Sebagai tindak lanjut untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia Pariwisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango maka Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bone Bolango mengadakan
pelatihan Pengelolaan Desa Wisata tahun 2023 ini," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bone Bolango, Muhammad Yamin Abbas dalam sambutannya saat membuka kegiatan.

Peserta Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata (foto: Noka)


Dengan beragamnya unsur yang terlibat dalam pelatihan ini, kata Yamin, merupakan wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango khususnya Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam mengkongkritkan konsep pentahelix atau menggabungkan peran akademisi, badan usaha (bisnis), komunitas, pemerintah,
dan media bertujuan untuk mengembangkan Pariwisata berkelanjutan.


Lebih lanjut, Yamin menjelaskan bahwa tujuan dan sasaran Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola desa wisata.


"Tujuannya adalah agar pengelola desa wisata lebih professional dan berkualitas dalam melakukan pengelolaan desa wisata dan memberikan pelayanan kepada wisatawan," sambungnya.


Selain itu, kata Yamin, sasaran yang harus dicapai dari pelatihan ini adalah peserta mengetahui dan memahami pengetahuan dasar kepariwisataan dan pentingnya Sapta Pesona dalam mewujudkan masyarakat
Sadar Wisata.

Foto bersama usai pembukaan kegiatan (foto: Noka)


Selain itu peserta mengetahui dan memahami pengembangan kelembagaan pengelola desa wisata dan pengembangan dan pengelolaan produk pariwisata di desa wisata.


Metode Pelatihan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata ini diselenggarakan dengan metode penyampaian materi, diskusi dan kerja kelompok, dan kunjungan lapangan.


Sesuai jadwal, Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata ini akan diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dimulai tanggal 14 hingga 16 Juni 2023. (Noka)

×
Berita Terbaru Update