Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Warga Situbondo Meninggal Diduga Kelaparan, Nasim Khan : Jika Kabar Itu Benar, Sebaiknya Mundur Jadi Pejabat

| Mei 16, 2023 WIB

Nasim Khan meminta agar polisi dan dokter forensik jujur mengungkap kasus dugaan warga Situbondo meninggal akibat kelaparan




JAKARTA, Kabardesa.co.id – Heboh seorang perempuan bernama Tatik (70) warga RT 3 RW 6 Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo Jawa Timur yang ditemukan meninggal dunia mendapat sorotan dari anggota DPR RI.


Mendengar kabar tersebut, Nasim Khan anggota komisi VI DPR RI yang juga merupakan putra daerah Situbondo meminta pihak kepolisian, dokter forensik, dan sejumlah pihak terkait agar segera mengungkap penyebab kematian nenek lansia yang diketahui berprofesi sebagai tuna wisma tersebut.


"Saya harap pihak Kepolisian, Dokter forensik sejumlah pihak yang berkompeten segera merilis dengan sejujur-jujurnya ke publik penyebab meninggalnya ibu Tutik tanpa ada yang ditutup-tutupi, " kata Nasim.


Dengan Tegas Nasim Khan menyampaikan jika hasil autopsi kemudian menyatakan meninggalnya lansia 70 tahun tersebut diduga tidak mendapat asupan makanan dan minuman dalam waktu yang lama alias kelaparan,  maka kasus tersebut merupakan tamparan keras bagi Pemerintah dan warga Situbondo.


"Bila kabar meninggalnya ibu Tutik (70) karena diduga kelaparan, maka tentu saja  peristiwa ini tidak hanya mencoreng muka Pemerintah daerah yang secara konstitusional memang bertugas dan diamanati untuk melindungi dan mensejahterakan rakyat tetapi juga mencoreng muka kita bersama,” tegas Nasim Khan di gedung DPR RI Jakarta, Selasa (16/5/2023).


Lebih lanjut Ia menilai, kasus ini menjadi pertanda kuat bahwa kehidupan masyarat di Kabupaten Situbondo sudah individual, tidak peduli satu sama lain. Sedangkan peran kepolisian menurut Nasim sangat penting dalam mengungkap kasus tersebut secepat mungkin agar masyarakat dapat mengambil pelajaran dari kasus yang telah terjadi.


"Saya tegaskan lagi, Bila ini benar semua komponen harus ikut bertanggung jawab, tidak ada gunanya semua pejabat daerah hingga pusat,  eksekutif & legeslatif di Kabupaten Situbondo. Saya mohon kedepan jangan terjadi lagi, apabila menemukan warga yang terindikasi kelaparan infokan, saya akan mengajak semua komponen membantu atau sebaiknya mundur bila tidak mau bersama mengatasi, atau malah menghindar dan kabur dari kenyataan.kita bersama mencari solusinya, " ucap Nasim Khan.



Sekitar bulan April 2023, statemen Nasim Khan mengharamkan masyarakat tiga Kabupaten (Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi) apabila tidak sejahtera, viral diberbagai media online, " Apabila tidak siap untuk bersama-sama mensejahterakan masyarakat Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi sebaiknya mundur sebagai pejabat atau tokoh, " tutur Nasim kala itu.





Sebelumnya, nenek. lansia bernama Tutik (Tuna wisma) ditemukan sejumlah warga tidak sadarkan diri di trotoar Jl. A. Yani kelurahan Dawuhan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo (sebelah timur toko kue Victory).



Beberapa petugas datang ke lokasi dan membawa korban ke RSUD Abdoer Rahem Situbondo, sesampai di IGD RS Abdoer Rahem Situbondo dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis kemudian dinyatakan korban sudah meninggal dunia.



Sejumlah warga mengaku saat ditemukan, kondisi Tutik.(70)  terlihat kurus dan perut korban terlihat mengempis atau busung lapar. Sehingga sebagian warga menduga meninggalnya wanita tuna wisma tersebut akibat kelaparan. 



×
Berita Terbaru Update