Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Bupati Bone Bolango Sebut Desa Sebagai Epicentrum Pembangunan Daerah

| Juni 15, 2024 WIB




Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli 


Kabardesa.co.id, GORONTALO – Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli menyebut desa bukan hanya menjadi garda terdepan dalam pelayanan masyarakat. Namun lebih dari itu, desa telah menjadi epicentrum pembangunan di daerah. Kata Merlan, hal ini dibuktikan pada tahun 2024, kondisi keuangan APBDes yang masih lebih baik dari APBD kabupaten.


"Ini adalah bukti bahwa pembangunan akan digerakan dari desa menuju kota, atau dari bagian hulu menuju hilir,” ucap Merlan S. Uloli saat memberikan sambutan pada Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2024 di Kabupaten Bone Bolango, yang digelar di Aston Gorontalo Hotel & Villas, Sabtu (15/6/2024).


Merlan menyebutkankan potret pembangunan perdesaan di Bone Bolango, secara khusus dapat diukur dari Indeks Desa Membangun (IDM) sebesar 0.7866 (tertinggi se Provinsi Gorontalo), dan presentase pengentasan desa tertinggal telah tuntas 100% di tahun 2023.


“Untuk kinerja desa membangun mengalami kenaikan sangat signifikan, dari 40 desa mandiri di tahun 2023, naik menjadi 75 desa mandiri di tahun 2024. Terbanyak se Provinsi Gorontalo,” bebernya.


Diakui Merlan bahwa sebagai Kepala Daerah, ia menilai capaian kinerja pembangunan perdesaan itu tentu saja belum menjawab seluruh dinamika tuntutan pembangunan daerah dewasa ini. 


"Masih tersisa PR yang harus segera di tangani diantaranya adalah kemiskinan ekstrim, stunting, dan pengangguran," tandasnya.


(Noka)



×
Berita Terbaru Update