Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Zudan: Pelaku Usaha Harus Kolaborasi Pasarkan Produk Lokal Sulbar

| Juni 14, 2023 WIB


Zudan meminta agar DPMPTSP Sulbar terus merangkul UMKM sebanyak-banyaknya dan melakukan penguatan kolaborasi antara UMKM di Sulbar, baik dalam melakukan branding dan memasarkan produk lokal. (foto Farid)

Kabardesa.ID.MAMUJU SULBAR -- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulbar melakukan penandatanganan kesepakatan kemitraan dengan sejumlah Usaha Besar dan UMKM, dalam Forum Fasilitasi Kemitraan UMKM Dengan Usaha Besar, di Maleo Waterpark, Rabu  , 14 Juni 2023


Sebanyak 3 usaha besar dan 21 UMKM hadir dan melakukan penandatanganan kesepakatan kemitraan, disaksikan PJ Gubernur Sulbar Prof.Zudan Arif Fakrulloh.


PJ Gubernur mengapresiasi DPMPTSP Sulbar bersama sejumlah OPD lainnya yang terus membangun kolaborasi dengan pelaku usaha. 


"Terima kasih atas kolaborasi. Era kedepan tidak bisa kita menyandarkan pada kompetisi, melainkan sinergi akan melahirkan energi. Kompetisi akan menggerus energi," kata Zudan. 


Untuk itu , Zudan meminta agar DPMPTSP Sulbar terus merangkul UMKM sebanyak-banyaknya dan melakukan penguatan kolaborasi antara UMKM di Sulbar, baik dalam melakukan branding dan memasarkan produk lokal. 


"Jangan merasa teman UMKM adalah kompetitor, melainkan teman dalam berbisnis,"ujar Zudan. 


Lebih lanjut, Sekretaris BNPP itu menjelaskan, tiga hal menjadi keterbatasan pelaku usaha, yakni teknologi, permodalan dan jaringan pemasaran. Ketiga batasan ini dapat secara bertahap dibenahi dengan cara kolaborasi. 


"Mudah-mudahan kolaborasi ini teknologinya bertahap, kemudian produksi lebih cepat, tanpa bahan pengawet tapi bisa awet. Kemudian jaringan pemasaran. Bagaimana nanti melalui Disperindag bersama usaha besar membuat platform sehingga UMKM bisa meletakkan dagangannya melalui platform itu," kata mantan Dirjen Dukcapil itu.


Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Habibi Azis, menyampaikan Forum tersebut bertujuan mempertemukan UMKM dalam mewujudkan kemitraan dan memperluas jaringan UMKM, menguatkan peran UMKM, meningkatkan wawasan terkait kemudahan berusaha di Sulbar, dan mencari solusi atas kendala pelaku usaha dalam membangun kemitraan. 


"Ini langkah awal kami membangun kolaborasi  membangun kemitraan dengan pelaku usaha dalam mewujudkan iklim investasi yang kondusif di Sulbar," pungkasnya. (rls)

×
Berita Terbaru Update