Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Pilkades PAW Desa Kandang, Oknum BPD Diduga Ngatur Daftar Pemilih

| Juni 12, 2023 WIB

Kantor Desa Kandang, Kecamatan Kapongan Situbondo
 



Kabarsesa.co.id, Situbondo Jatim - Proses pemilihan calon Kepala Desa Antar Waktu (PAW) di Desa Kandang, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur diduga tak transparan. Karena, mekanisme penetapan pemilik suara diduga ditunjuk secara sepihak oleh oknum perangkat desa. Senin (12/6/2023).

Dalam sistem pemilihan  PAW Kades,  tidak semua masyarakat memiliki hak pilih. Hanya beberapa. Antara lain dari unsur ketua RT, ketua RW, tokoh masyarakat, organisasi di desa, perwakilan warga miskin, dan lain-lain.

Di Desa Kandang sendiri pemilihan kades PAW terdapat sekitar  130 warga yang memiliki hak pilih. Mereka tersebar sebanyak 25 orang di masing-masing RW. Adapun calon kades di Desa Kandang yang akan dipilih pada 25 juni 2023 mendatang sebanyak dua kandidat.

Salah satu tokoh masyarakat di Desa Kandang mengaku, pada tahapan penjaringan pemilih pilkades PAW di desanya, nama-nama pemilih atau pemilik suara ditentukan secara sepihak oknum Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Kami masyarakat merasa kecewa dengan ulah oknum BPD yang memaksakan nama pemilih  diduga untuk memenangkan salah satu calon," papar salah satu tokoh masyarakat yang disebut namanya.

Dirinya menyayangkan sikap intervensi yang dilakukan oknum BPD, Padahal, penjaringan pemilih menjadi tahapan krusial dalam pilkades PAW ini.

"Kami minta pak Camat tegas, agar netralitas tetap terjaga, Para pemilik suara ini akan mewakili suara seluruh warga desa. Jadi harus melibatkan warga dalam musyawarah penjaringannya. Kalau nama-namanya sudah di-setting dan disodorkan itu jelas melanggar aturan dan kami akan laporkan ke pihak berwenang," ucapnya.

Dugaan tindakan sepihak tersebut dinilai tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 72/2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri No 112/2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. serta Perbup Situbondo nomer 10 tahun 2022 tentang pemilihan Kepala Desa, Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu dan Pemberhentian Kepala Desa.

Sebagian warga menuding PJ Kades Desa Kandang disinyalir juga condong ke salah satu calon. Namun sayangnya, PJ Kades Desa Kandang Suryadi saat akan di konfirmasi oleh sejumlah wartawan, tidak berada di tempat, menurut informasi beberapa perangkat Desa bahwa PJ Kades  jarang ngantor di kantor Desa Kandang.


×
Berita Terbaru Update