Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Maju Pileg, Delapan Kepala Desa di Bone Bolango Diberhentikan dari Jabatannya

| Juni 17, 2023 WIB

 

Gambar Ilustrasi Kades Ikut Pileg


Kabardesa.co.id,  GORONTALO - Delapan orang Kepala Desa di Kabupaten Bone Bolango diberhentikan dari jabatannya.


Untuk diketahui delapan Kepala Desa yang diberhentikan tersebut masing-masing untuk Kecamatan Bone yaitu Kepala Desa Taludaa, Wilson Hadju dan Kepala Desa Sogitia, Sumitro Lopuo. Di Kecamatan Bone Raya yakni Kepala Desa Inomata, Arjon Us.  Djaini dan Kepala Desa Pelita Jaya, Suleman Taumbe. Berikutnya Kepala Desa Binthalahe Kecamatan Kabila Bone, Ruslan Tomelo dan Kepala Desa Tulabolo Timur Kecamatan Suwawa Timur,  Ardin Mohi. Selanjutnya di Kecamatan Bulango Selatan masing-masing Kepala Desa Huntu Barat, Talib Karim dan Kepala Desa Ayula Utara Nazyudin Botutihe. 


Sebelumnya, delapan Kepala Desa tersebut telah menyampaikan surat permohonan pengunduran diri kepada Bupati Bone Bolango karena hendak mencalonkan diri pada pemilihan anggota legislatif 2024 mendatang.


Sebagaimana diketahui, sesuai ketentuan, Kepala Desa yang hendak maju sebagai caleg wajib untuk mundur dari jabatannya. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.


“Mengundurkan diri sebagai kepala desa, perangkat desa, atau anggota badan permusyawaratan desa yang dinyatakan dengan surat pengunduran diri yang tidak dapat ditarik kembali,” demikian bunyi Pasal 11 Ayat (2) huruf b PKPU Nomor 10 Tahun 2023.


Selain itu, aturan yang mengharuskan Kepala Desa mundur tersebut merujuk pada Pasal 29 huruf i Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang melarang Kepala Desa rangkap jabatan sebagai anggota legislatif.


Ketika dikonfirmasi awak media ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bone Bolango, Suleman Panigoro, melalui Kepala Bidang Bina Desa, Rafiq Rahman membenarkan jika SK Pemberhentian delapan Kepala Desa tersebut sudah ditandatangani oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou. Dalam SK itu juga memuat nama Penjabat Kepala Desa yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan melanjutkan roda pemerintahan desa hingga pelaksanaan Pilkades nanti.


"Iya benar. SK (pemberhentian) sudah ditandatangani Pak Bupati dan akan diserahkan kepada yang bersangkutan," ungkapnya, Sabtu (17/6).


Dikatakan pula bahwa untuk serah terima jabatan dari Kepala Desa sebelumnya kepada Penjabat Kepala Desa diserahkan kepada masing-masing Kecamatan untuk mengagendakannya.


"Serah terima jabatan di masing-masing Kecamatan," pungkasnya. (Noka)

×
Berita Terbaru Update