Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Penumpang Kapal ASDP Overload, Pemudik Kesulitan Keluar Kapal

| Mei 01, 2023 WIB

Akibat Overload, pemudik kesulitan mengeluarkan motornya 



SITUBONDO,Kabardesa.co.id- Ratusan pemudik asal kepulauan Madura kesulitan keluar dari kapal penumpang ''Munghiyango Hulalo" setetelah tiba  di Pelabuhan Jangkar Situbondo Jawa Timur pada puncak arus balik kedua Lebaran tahun 2023, Minggu malam (30/4/2023). 


Kondisi tersebut terjadi karena kapal milik ASDP itu mengangkut pemudik melebihi kapasitas daya angkut kapal (Overload). Ratusan pemudik terlihat kesulitan keluar kapal karena dipenuhi muatan sepeda motor. Bahkan seorang pemudik terpaksa menginjak-injak deretan motor demi bisa mengeluarkan motornya.


Bukan hanya kesulitan keluar dari kapal, Kondisi overload tersebut juga  membuat sejumlah Balita kepanasan akibat pemudik yang berdesak-desakan,"Didalam kapal kondisinya penuh mas sehingga kami kepanasan, kasihan anak-anak Balita banyak yang menangis katena panas, " ujar Rio pemudik asal Pulau Raas Madura. 


Seorang pemudik Asal Kalianget Sumenep Madura mengatakan, dari Pelabuhan Kalianget muatan dan pemudik sudah hampir 400 orang, Dipelabuhan Raas madura muatan di tambah 400 motor sehingga penumpang diperkirakan lebih dari 800 orang hingga membuat kapal penuh sesak. 



"Waduh ini lebjh dari full ini over pokoknya, dari kalianget sudah bawa penumpang belok ke Raas ada 400 motor dibawa, sehingga motor dan penumpang sangat penuh," keluh Ahmad. 


Dihubunvi secara terpisah, pihak Badan Penyelenggaran Transportasi Darat (BPTD) pelabuhan jangkar mencapai 1.000 orang penumpang turun dari kapal. 


BPTD menilai sangat overload bagi kapal ASDP ini karena kapasitasnya hanya 270 orang namun diisi lebih dari seribu penumpang. "Tentu kita lihat bersama muatan sungguh overload. Ini kita hitung lebohd ari seribu penumpang. Jumlah epnumpangnya lebih banyak dari alat keselamatan yang dimiliki kapal. Ini sangay berbahaya dan mengabaikan keselamatan," beber  Rozikin, petugas BPTD pelabuhan Jangkar.


Dari sumber lain didapatkan data jika Kapal ASDP "Munghiyango Hulalo" sejatinya tidak memiliki jalur pelayaran ke pulau raas. Namun, karena diminta bantuan  mengurai kepadatan di pulau raas untuk  balik lebaran, maka kapal ini mengambil rute tambahan ke sumenep.


"Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah telah menyediakan tambahan Kapal, namun jika overload seperi ini terus dilakukan, sama saja ingin membunuh kami, karena potensi kecelakaan dilaut sangat tinggi, " ucap pemudik lainnya. 





×
Berita Terbaru Update