Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Kenakan Baju Takowa, Jasin Usman Dilo Mendaftar DPD RI

| Mei 11, 2023 WIB

 

Jasin Usman Dilo (memakai baju takowa dan berpeci) saat mendaftar di KPU Provinsi Gorontalo (foto:Humas KPU Provinsi Gorontalo)


KabarDesa.Co.Id, GORONTALO - Berbeda dengan pendaftar sebelumnya, Jasin Usman Dilo tampil berbeda dengan mengenakan baju takowa saat mendaftar sebagai Bakal Calon Anggota DPD RI Dapil Gorontalo ke KPU Provinsi Gorontalo, Rabu (10/5/2023).


Untuk diketahui, Takowa merupakan sebutan untuk baju adat laki-laki Gorontalo yang seringkali digunakan masyarakat Gorontalo dalam berbagai upacara adat maupun acara resmi dalam agenda pemerintahan maupun sebagai pakaian adat dalam merayakan hari besar keagamaan.


Secara filosofis dipahami bahwa pakaian ini menunjukkan kerendahan hati, ketulusan, dan ketakwaan manusia dihadapan Allah SWT.

Jasin Usman Dilo (kiri) saat menyerahkan berkas pendaftaran Bakal Calon Anggota DPD RI kepada Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem (foto:Humas KPU Provinsi Gorontalo)


Secara harfiah, kata Takowa berasal dari kata Taqwa atau Takwa yang artinya meyakini keesaan Allah SWT dengan menjauhkan diri dari perbuatan syirik dan patuh akan segala perintah-Nya. Pakaian adat Takowa mengilhami setiap laki-laki Gorontalo yang mengenakannya agar senantiasa menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menjadi sebaik-baiknya muslim di dunia.


"Sengaja Saya memakai baju (takowa) ini, agar dalam seluruh langkah politik Saya tidak melupakan jati diri Saya sebagai orang asli Gorontalo dan juga sebagai seorang Muslim yang harus taat dan patuh pada perintah Allah SWT,"ungkap Jasin kepada awak media saat konferensi pers usai mendaftar. (Noka)


×
Berita Terbaru Update