Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Bertahun-tahun Hanya di PHP, Warga Desa Selomukti Swadaya Bangun Jalan dari Hasil Jualan Jagung

| Mei 23, 2023 WIB

Tak pernah dapat perhatian sejumlah warga Desa Selomukti Situbondo swadaya jalan rusak dari hasil penjualan jagung

 

Situbondo Jatim, Kabardesa.co.id - Kondisi sangat miris terjadi di dusun Jerukan RT 02 RW 01 Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo Jawa Timur, karena satu-satunya akses jalan kondisinya rusak parah dan tak pernah tersentuh pembangunan.


Warga mengaku, selama bertahun-tahun warga dusun Jerukan  hanya diberi janji-janji dari calon Kades calon bupati, hingga calon legislatif yang berkampanye saat membutuhkan suara. Mereka hanya berjanji untuk membangun jalan yang menuju dusun tersebut.


Kondisi jalan yang rusak, membuat warga kesulitan untuk mengantarkan warga desa yang sakit. Anak-anak dusun Jerukan juga kesulitan untuk berangkat dan pulang sekolah.


"Kalau musim hujan pak anak-anak terpaksa melewati jalan berlumpur saat akan pergi dan pulang sekolah," kata seorang warga yang meminta agar namanya tidak dipublikasikan. Selasa (23/5/2023). 


Warga dusun Jerukan Desa Selomukti mengaku hanya terus mendapatkan harapan dan janji-janji palsu. Tak ingin terus terpuruk dalam ketertinggalan didaerahnya, mereka akhirnya secara swadaya membangun jalan sepanjang ratusan meter hasil  penjualan jagung dan hasil bumi lainnya yang mereka sisihkan untuk biaya pelebaran dan membangun jalan.


"Capek sudah di PHP terus sama calon Kades, calon Bupati dan calon DPRD, tapi kami tetap kuat dan berusaha membangun jalan swadaya dati hasil penjualan jagung dan hasil pertanian lainnya, harapannya pak Bupati para anggota DPRD yang terhormat, turun ke pelosok agar tahu bagaimana kondisi warganya," harapnya.


Kondisi tersebut dinilainya tidak sesuai dengan mars Situbondo dan bahkan tidak sesuai dengan tujuan pemberian Dana Desa seperti yang di atur dalam undang -  undang.


"Inilah penggalan kalimat mars Situbondo "Situbondo kotaku tercinta, alamnya indah damai sejahtera, membangun Desa dan kota dengan ilmu iman dan cinta, tingkatkan asa dan tanggung jawab demi situbondo bermartabat, sementara Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa, " kutipnya. 


×
Berita Terbaru Update