Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


20 Tahun Warga relokasi di Bukit Sema Situbondo Belum Terima Sertifikat

| Mei 21, 2023 WIB

Puluhan KK korban banjir bandang 2002 was-was, 20 tahun mereka direlokasi ada sertifikat
 



SITUBONDO JATIM, Kabardesa.co.id - Sejumlah warga korban banjir bandang 2022  di Kabupaten Situbondo Jatim, yang menerima bantuan relokasi tanah, hingga kini belum menerima sertifikat.


Warga ini merupakan warga di pinggir sungai sampeyan baru yang tanahnya hilang terkena abrasi pasca bencana banjir bandang pada tahun 2002. kemudian diberikan bantuan pindah permukiman ditanah milik negara yang kini menjadi perumahan Bukit Sema. 


Namun setelah 20 tahun mereka menempati pemukiman di Perumahan Bukit Sema RT 05 RW 03 Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo, hingga saat ini tak kunjung  menerima kabar penerbitan sertifikat akan kepemilikan tanah seperti yang pernah di janjikan Pemerintah Kabupaten Situbondo kala itu.. 


"Saya bersama perwakilan warga sudah tiga kali mendatangi Pemkab Situbondo sejak jaman Pemerintahan lama masih pak Sekda Saifullah hingga pak Sekda saat ini pak Wawan dan pernah dibantubjuga oleh pihak kelurahan Ardirejo untuk mendapatkan sertifikat tanah ganti itu. Namun, hingga saat ini,  kejelasan sertifikat tanah untuk 81 KK itu tak kunjung kami terima kabarnya, "  kata ketua RT 05 RW 03 Joko Yono mewakili 81 KK. Minggu (21/5/2023). 


Sekitar 81 KK yang menerima bantuan relokasi itu mengaku was-was menempati lahan karena sampai saat ini belum memiliki sertifikat tanah dari bantuan tersebut. 


"Tahun lalu memang sudah ada pengukuran yang dilakukan oleh pihak Kelurahan mewakili BPN Situbondo, namun hingga hari ini belum menerima kabar lanjutan, " tambahnya. 


Dikonfirmasi melalui sambungan seluler, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Situbondo, Wawan Setiawan. SH. MH mengatakan jika proses permohonan penerbitan sertifikat untuk warga korban banjir di Perumahan Bukit Sema, sedang dalam proses. 


"Pemkab Situbondo serius memperjuangkan permohonan dan penerbitan Sertifikat tanah untuk warga di Bukit Sema dan saat dalam proses,  namun karena yang di mohon ini adalah tanah negara maka akan butuh proses yang cukup memakan waktu, " Singkat Sekda Wawan. 


Mendengar kabar tersebut, puluhan warga Korban banjir di Bukit Sema RT 05 RW 03 langsung mengucapkan terima kasih karena Pemkab Situbondo telah memperjuangkan Permohonan dan penerbitan Seritifikat itu. 


"Kami warga sangat bahagia dan sangat berterima kasih mendengar informasi dari dari Bapak Sekda Kabupaten Situbondo melalui rekan - rekan media, " Ucap warga senang. 


×
Berita Terbaru Update