Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Lintas Komisi A.Ruskati Ali Baal Jemput Aspirasi PIP Kemendikbudristek

| Maret 29, 2023 WIB
Hj.Andi Ruskati Ali Ball anggota Komisi IX DPR RI dapi Sulbar bersama Putranya Andi Ian Rusali berbincang usai Sosialisasi JKN -KIS (foto hikma)

Kabardesa.id.Polman.Sulbar-- Peduli Pendidikan di Sulbar, Andi Ruskati Ali Baal Jemput Bantuan Program Indonesia Pintar Kemendikbudristek  Peduli terhadap dunia pendidikan di Sulawesi Barat, 

Hj. Andi Ruskati Ali Baal  anggota  komisi IX  DPR RI jemput  bantuan pemerintah   Program Indonesia Pintar (PIP)


Dalam kesempatannya usai temu konstituen,  Hj Andi Ruskati menyampaikan melalui Kerjasama lintas Komisi di DPR RI dirinya mengaku telah  membawa program bantuan PIP  dari Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset  dan teknologi. 


"Tentunya kita tahu bersama bila Program PIP  ini ada di Komisi X bukan Komisi saya yang berada di Komisi IX ,  tapi di DPR RI itu ada namanya kerjasama program lintas komisi, nah ada beberapa teman partai saya yang berada di Komisi X,  sehingga kita sharing program bantuan".


"Salah satunya bantuan PIP ini, di bawa Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset  dan teknologi dan pastinya kita akan perjuangkan disana,  dan semua ini kami lakukan demi kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat Sulawesi barat".kata Pulang bau  Sapaan Hj. Andi Ruskati.


Lanjut, ia mengatakan kategori untuk bantuan program PIP  ini, mulai tingkat SD hingga jenjang SMA, sebenarnya untuk program PIP  jenjang S1 juga ada namun kami konsennya hingga tingkat SMA terlebih dahulu. 


Ia juga menjelaskan bila  data  yang dikirim ke pusat itu akan di verifikasi karena tentunya memiliki persyaratan, tidak langsung terealisasi, misal bila.orangtuanya penerima bantuan PKH tentunya tidak bisa menerima  bantuan PIP". 


"Pada prinsipnya bantuan PIP ini  berdasarkan bagi mereka yang terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) karena memang bantuan ini  diturunkan untuk bagi keluarga yang kurang mampu". ujarnya". 


Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).


Tujuan dari bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), yakni membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.


Dana Program Indonesia Pintar (PIP) juga  dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah, uang saku dan biaya transportasi, serta biaya praktik tambahan lainnya,"terang puang bau" 


Untuk bantuan PIP jenjang SD hingga SMA itu berbeda, yah tentunya tidak sama, mulai dari 450. Ribu hingga rata-rata 1 juta rupiah"ungkapnya". 


Di tempat yang sama, Andi Ian Rusali putra sulung Puang Bau juga memberikan keterangan ia mengatakan bila  Program PIP Merupakan program Indonesia pintar dari kementerian pendidikan, nah itu ada dua jalur satu langsung dari pemerintah kabupaten, maupun provinsi, dan ada juga melalui dewan dalam hal ini Anggota  DPR RI  yang berada di Komisi X.


Nah kebetulan ibu itu dapat program PIP untuk diberikan kepada  Masyarakat Sulawesi barat melalui kerjasama  lintas komisi DPR RI. karena mengenai pendidikan bukan komisi nya Namun dengan kerja - kerja politik yang dilakukan ibu,  sehingga ibu bisa sharing dan melakukan kerjasama program lintas komisi."kata Andi Ian yang merupakan pengusaha pangan." 


"Alhamdulilah untuk Sulawesi barat ini kuotanya ibu untuk program PIP cukup besar. Di Sulawesi barat ini,".


Kuota  PIP ibu ini sekitar 100 ribuan se Sulawesi barat, dan untuk tahun ini ada dua tahap, tahap pertama kemarin  hingga bulan Maret ini sudah selesai  dan tahap kedua nanti pada bulan September". 


"Tahap kedua  ini kami sementara penginputan data,  dan untuk tahap pertama kemarin data yang ada kurang lebih 20 ribuan."ungkap Andi Ian yang diketahui bakal maju pada pemilihan DPD RI 2024 Mendatang".


×
Berita Terbaru Update