Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Hasil Diskusi Dengan Kemendagri, Ketua Apdesi Sulsel Gelar Talk Show Pancasila

| Januari 15, 2023 WIB
Talk Show Pancasila ( kabardesa/ulhy )


BONE,KABARDESA.co.id,- Ketua APDESI Sulawesi Selatan, Sry Rahayu Usmi gelar Talk Show Pancasila Akulah Pendukungmu yang menghadirkan narasumber yakni  Dandim 1407  Bone, Letkol Inf Moch Rizqi Hidayat Djohar dan Akademisi yang juga Anggota DPRD Bone, Ade Ferry Afrisal serta dipandu sebagai moderator oleh ketua Wartawan Independen Bone ( WIB ) Eka Handayani di Cafe Princes Watampone. ( Sabtu, 14/01/2023 )


Kegiatan yang berawal dari hasil diskusi Ketua APDESI Sulsel dengan pihak Kemendagri ini dihadiri oleh beberapa kaum milenial baik perwakilan dari mahasiswa maupun dari siswa SMA dan SMK yang ada di sekitaran kota Watampone.


"Kegiatan ini berawal dari diskusi APDESI dengan Mendagri, rencananya kita akan kembali membuat kegiatan bertema sama dengan menyasar desa-desa, ” Ujar Sry Rahayu Usmi yang sering disapa Ayu ini.


Dandim 1407 Bone Letkol Inf Moch Rizqi melalui pengantarnya bahwa melalui perjuangan para pahlawan kita terdahulu melawan penjajah sehingga kemerdekaan bisa kita raih dan Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia bisa lahir.


"Melalui Proklamasi kemerdekaan inilah yang merupakan cikal bakal lahirnya Pancasila yang tentunya disusun oleh pejuang pahlawan bangsa sehingga lahirlah Pancasila sebagai dasar dalam bernegara, ujar Rizqi dihadapan para peserta talk show.


Anggota DPRD Bone yang juga selaku akademisi Ade Ferry Afrisal menyampaikan bahwa Pancasila itu merupakan dasar negara falsafah hidup kita dimana bukan hanya perlu dihafal akan tetapi nilai pancasila itulah yang harus diterapkan.


"Kita yang membatasi diri kita sendiri, akhirnya kemudian Pancasila jadi hafalan saja tidak dalam kapasitas sebagai dasar negara pandangan hidup, olehnya itu nilai nilai Pancasila itu yang harus diterapkan. Pancasila itu bersifat universal merupakan satu kesatuan dengan sila lainnya tidak dapat dipisahkan, dalam kehidupan kita keempat sila dengan sila lainnya ada pada sila pertama" jelasnya kepada para peserta.


Sementara itu, Sry Rahayu Usmi yang juga sebagai pemateri berharap kepada para peserta yang hadir untuk bisa menjadi duta Pancasila dan bisa menerapkan amalan amalan pancasila itu sendiri.


"Harapan saya kepada para peserta yang hadir pada malam ini, tentunya kita berharap mereka semua generasi yang hebat ini bisa menjadi duta duta Pancasila untuk menerapkan pengamalan Pancasila. Mereka ini adalah utusan terbaik, semoga apa yang dia dapatkan melalui kegiatan ini bisa menjadi motor penggerak untuk membangkitkan kembali gerakan penerapan Pancasila dengan menyampaikan ke teman – teman di sekolahnya serta di kampus – kampus" terangnya.



×
Berita Terbaru Update