Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Menpora: Festival Sandeq Menginspirasi dan Layak Dicontoh Bagi Daerah Lain

| September 09, 2022 WIB
Pj Gubernur Akmal Malik bersama ABM Mantan Gubernur Sulbar , Hj Suraidah Duka ketua Dprd Sulbar , H.Abdul Halim wakil Ketua Dprd Sulbar , A. Salehuddin Patajangi  saat  Festival Sandeq 2022


Kabardesa.co.id. Manggar .Balikpapan .Kaltim–   Festival Sandeq 2022 berhasil digelar dan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali di Pantai Manggar Balikpapan, Jumat 9 September 2022.


Pembukaan Festival Sandeq mendukung IKN, ditandai dengan penyerahan komoditi oleh Sekretaris Daerah sebagai perwakilan provinsi se -Indonesia.


Hadir pada acara puncak Festival Sandeq, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, sekaligus mewakili pemerintah pusat menerima komoditi dari perwakilan provinsi se- Indonesia.


Penyerahan komoditi dari perwakilan provinsi se- Indonesia itu sebagai simbol Indonesia mendukung pembangunan IKN, sebagaimana tajuk dari acara Festival Sandeq 2022.


Menpora Zainuddin Amali mengapresiasi Festival Sandeq 2022. Dan menurutnya layak dicontoh bagi daerah lain. Alasannya, telah membuktikan sebagai daerah kecil telah mampu menghadirkan kegiatan yang inovatif di tengah kondisi anggaran terbatas.


Bahkan, Zainuddin membeberkan jika pelaksanaan Festival Sandeq dipercepat atas tantangan dari Menpora. Dan itu disanggupi hingga terbukti 7 September berlabuh di Pantai Manggar.


“Itu karena nyalinya besar. Ini adalah sport torurism, para Passandeq kalau fisiknya tidak kuat dia tidak akan tiba di pantai Manggar ini. tapi karena punya kekuatan fisik dan nyali maka perjalanan mengarungi laut mereka tiba di pantai Manggar ini. Tentu kami mengapresiasi atas Pemda yang mulai menggairahkan kehidupan sport tourism,” ujar Zainuddin.


Apalagi, tanpa APBD, layak menjadi contoh bagi daerah lain.


“Ini suatu contoh inovasi daerah, tidak ada halangan untuk melakukan sebuah kegiatan Bapak (PJ Gubernur Sulbar) harus buktikan bisa ditempat lain. Ini inspirasi untuk bisa mandiri,” ungkapnya.


Lanjut Menpora, Ia berharap melalui Festival Sandeq ini telah memperkuat komitmen mendukung pembangunan IKN. Dijelaskan. Tujuan IKN untuk pemerataan pembangunan


“Agar tidak ada lagi jawasentris. IKN di tempatkan di Kaltim yang berada di tengah sehingga terlayani semua,” ungkapnya.


Ia berharap Festival Sandeq terus diselenggarakan di tahun berikutnya dan akan lebih meriah lagi. Dia pun menyampaikan bahwa Festival Sandeq dirangkaikan dengan Haornas. Dan menurutnya Festival Sandeq berperan menyongsong Haornas di Balikpapan.


Tidak lupa Ia menyampaikan permohonan maaf Wakil Presiden Ma’ruf Amin atas undangan yang tidak sempat dihadiri dikarenakan persiapan pembukaan Haornas ke- 39 pada Jumat malam 9 September di Balikpapan.


PJ Gubernur Sulbar, Akmal Malik menyampaikan terima kasih atas kehadiran sejumlah pihak, berkat kolaborasi berkat dukungan sehingga terselenggaranya kegiatan ini. Termasuk fasilitasi dari Wali Kota Balikpapan dalam mendukung beberapa rangkaian acara Festival Sandeq 2022.


Ia pun berterima kasih atas keterlibatan seluruh passandeq.
“Walaupun Sulbar kecil dengan APBD Rp1,9 miliar tapi kami memiliki nyali yang besar. Seperti sandeq kecil tapi berani mengarungi samudera. Ini menjadi inspirasi Indonesia. Tidak bergantung pada BBM, hanya mengandalkan angin mengarungi lautan,” ungkapnya.


“Sandeq sebuah mahakarya maritim Indonesia, Ini menjadi Inspirasi Indonesia,” ungkapnya.


Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud berterima kasih atas gagasan Festival Sandeq yang digelar beberapa hari di Balikpapan. Menurutnya event tersebut menjadi momen menumbuhkan semangat generasi mencintai laut.

“Momentum ini menumbuhkan semangat kami, khususnya generasi kita untuk cinta kepada laut,” ungkapnya. (rls).


×
Berita Terbaru Update