Notification

×

Iklan

-

Iklan

Ketua Dewan Pers, Prof. Dr. Azyumardi Azra, Tutup Usia

| September 18, 2022 WIB

Prof. Dr. Azyumardi Azra

KABARDESA.CO.ID, JAKARTA - Dunia pers mendapat kabar duka atas meninggalnya ketua dewan pers yang juga mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Azyumardi Azra.


Dikutip dari situs viva.co.id hal tersebut dikonfirmasi dan dibenarkan oleh Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya. "Innalillahi wa innalillahi rojiun telah berpulang ke ramhatullah orang tua kita, guru kita, ayahanda kita, pimpinan kita Azyumardi Azra," kata dia saat dikonfirmasi, Minggu (18/9/2022).


Berdasarkan kabar yang diterima redaksi, Almarhum meninggal di Malaysia, karena sebelumnya dalam kondisi sakit.


Ucapan belasungkawa Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi menyampaikan belasungkawanya di Twitter.


"Selamat jalan Prof Azyumardi Azra. Belum hilang rasa sedih kita kehilangan Buya Syafii Maarif, kini ditambah dengan berpulangnya Buya Azra. Semoga husnul khatimah," ujar Burhanuddin, dikutip VIVA.


Sementara itu, Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo juga menyampaikan bahwa pihaknya turut berbelasungkawa.


"Duka cita amat dalam atas berpulangnya Prof Azyumardi Azra. Beliau meninggal di Malaysia karena sakit. Semoga husnul khotimah. Sebuah kehilangan besar bagi bangsa ini," katanya.


Diketahui, sebelumnya dilaporkan bahwa Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra, mengalami sesak napas saat berada di dalam pesawat untuk menuju Malaysia. Hal itu disampaikan oleh Widi Agoes Pratikto, yang merupakan guru besar Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS Surabaya dalam pernyataannya.


Bapak Prof Azyumardi Azra, beliau mengalami sesak napas di pesawat dalam perjalanan ke Malaysia," kata Widi pada Jumat, 16 September 2022.


Dalam pernyataannya yang sama, dia menambahkan bahwa Azyumardi telah dibawa ke rumah sakit di Malaysia. Pada foto yang menampilkan Azyumardi di dalam pesawat, dia terlihat mengenakan kantong oksigen untuk membuat keadaannya tetap stabil.

Semoga cepat tertangani dan sembuh kembali Prof Azra. Kami ikut prihatin dan berdoa semoga Allah SWT memberi kesembuhan total dan keafiatan. Syafakumullah syifaan ‘ajilan. Semoga sakit ini bagian penebus dosa," ujarnya.


Dosen ITS Surabaya ini juga menyampaikan doa bagi keluarga Azyumardi, untuk diberikan kesabaran dalam menjaga beliau. Azyumardi Azra sendiri diketahui merupakan seorang akademisi Muslim asal Indonesia, yang juga dikenal sebagai cendekiawan muslim (Dikutip dari situs viva.co.id)

×
Berita Terbaru Update