Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Cegah Penyebaran Virus PMK, Anggota Koramil 0823-05/Penarukan Lakukan Imbauan

| September 30, 2022 WIB

 

Anggota Koramil Panarukan ketika memberikan imbauan PMK ke warga Desa Alas Malang (Heru/KabarDesa.co.id)

Situbondo Jawa Timur, KabarDesa.co.id – Anggota Koramil 0823-05/Penarukan Serka Sukarwadi melaksanakan imbauan penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap ternak sapi. Imbauan ini dilakukan kepada warga binaan Koramil 05 Panarukan, di Desa Alas Malang, Kecamatan Penarukan, Kabupaten Situbondo. Jumat (30/9/2022).

 

Imbauan tentang PMK ini, bertujuan agar masyarakat yang memilik hewan ternak sapi lebih waspada dalam menyikapi Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak sapi. “Imbauan ini sebagai bentuk upaya pencegahan dan antisipasi agar penularan PMK tidak semakin meluas,” jelas Serka Sukarwadi.

 

Adapun, sambung Serka Sukarwadi, ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku. kondisi hewan mengalami demam tinggi, keluar air liur berlebihan, terdapat serta luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah, hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat atau Hipersalifasi serta Abortus.

 

Tak hanya itu yang disampaikan Serka Sukarwadi, namun dia juga menjelaskan bahwa, untuk mencegah penularan PMK masyarakat harus rajin membersihkan kandang sapi dan memberi vitamin atau jamu untuk ternak sapinya. “Rawat sapi dengan benar dan bersihkan kandang sapi secara rutin,” pungkas Serka Sukarwadi. (Heru/KabarDesa)

×
Berita Terbaru Update