Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Sandiaga Uno : Wisata Desa Belitar Sebrang Luar Biasa

| Agustus 03, 2022 WIB
Kedatangan Menparekraf disambut Tarian Tradisional


Rejang Lebong,Kabardesa.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno atau biasa dipanggil Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong, Selasa (2/8/2022).


Didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, juga Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi, Menparekraf Sandiaga Uno langsung disambut tarian persembahan adat Rejang Lebong.


Usai meninjau produk industri kreatif UMKM Desa Wisata Belitar Seberang yakni pengolahan Gula Aren, rombongan langsung menuju Air Terjun Trisakti dan Air Terjun Puspa Dewi. Kedua Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Di mana Air Terjun Trisakti memiliki suhu dingin sedangkan Air Terjun Puspa Dewi memiliki suhu yang panas.


Rombongan juga mendapatkan kejutan dengan pembentangan poster raksasa bergambar Menparekraf Sandiaga Uno oleh tim panjat tebing Desa Belitar Seberang tepat di atas air terjun.


"Saya hanya bisa menyatakan dua kata saja, Luar Biasa!" ujar Sandiaga Uno saat melihat air terjun Belitar Seberang.


Desa Wisata Belitar Seberang merupakan desa ke 24 yang dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno. Ia pun bertekad untuk memperkenalkan semua desa wisata tidak hanya untuk turis lokal namun juga internasional.


"Ini desa ke 24 yang saya kunjungi, karena kita berkomitmen kepada seluruh desa wisata yang masuk 50 nominasi pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 saya akan berkunjung," kata Sandiaga Uno yang ternyata juga mahir berbalas pantun.


"Saya akan menyemangati dan tadi saya juga membuat konten karena ingin mempromosikan agar desa wisata Belitar Seberang bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan nusantara tetapi juga wisatawan mancanegara," terang Sandiaga.


Terkait dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kepada Desa Wisata Belitar Seberang Sandiaga menyebutkan akan mendukung penuh diantaranya dengan dukungan dana serta promosi.


"Kami akan melakukan pelatihan, pendampingan, terus membangun kemitraan. Kami akan menciptakan konten - konten untuk mempromosikan, kami juga akan membawa pembiayaan - pembiayaan Pokdarwis," jelas Menparekraf.


Menutup kunjungannya, Sandiaga mengumumkan akan membuat sayembara nama kedua air terjun ini yang diterima paling lambat bulan Oktober 2022.


"Karena ini milik semua maka saya akan membuka sayembara penamaan dari dua air terjun yang bersatu. Jadi kita akan buka sampai akhir Oktober di mana kita finalkan ADWI dan pemenang dari nama air terjun ini akan diumumkan saat puncak acara ADWI di kantor Gedung Sapta Pesona," tutup Sandiaga.


Sementara itu, Gubernur Rohidin menyampaikan rasa syukur dan bahagia, Bengkulu dikaruniai objek wisata, tidak saja sejarah tetapi juga alam yang luar biasa. Salah satunya adalah air terjun Trisakti Desa Belitar Seberang, kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang.


"Desa Belitar Seberang Rejang Lebong siap menjadi destinasi yang mendunia," jelas Gubernur Rohidin usai menyerahkan piagam penghargaan Kepada kepala SPN Polda Bengkulu sekaligus hadiah berupa motor kepada Desa Belitar Seberang yang menjadi juara pada Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu 2022.


Desa Wisata Belitar Seberang berhasil masuk ke dalam nominasi 50 besar nasional sebagai Desa Wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).


ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa - desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf. Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

×
Berita Terbaru Update