Notification

×

Iklan

.

Iklan

Pekon Bulukarto Kecamatan Gadingrejo Adakan Posbindu PTM

| Agustus 25, 2022 WIB

Nurdin kepala Pekon Bulukarto. (Pakpahan)


PRINGSEWU/KABARDESA.CO.ID  - Pekon Bulukarto, kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu mengadakan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di gedung balai kemasyarakatan Pekon setempat, Kamis (25/8/22)


Kepala Pekon Bulukarto Nurdin menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Posbindu Penyakit Tidak Menula ini menyasar kepada warga yang lanjut usia ( Lansia). Adapun kegiatannya meliputi melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular  diantaranya meliputi perilaku seperti merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, konsumsi minuman serta menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan.


Kegiatan dari Posbindu  ini disambut antusias oleh warga Bulukarto dan sekitarnya. Mengingat, Posbindu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Masyarakat yang berorientasi kepada upaya promotif dan preventif dalam pengendalian Penyakit Tidak Menular dengan melibatkan masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan serta penilaian. Masyarakat dilibatkan sebagai agen perubah sekaligus sumber daya yang menggerakkan Posbindu sebagai Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat  yang diselenggarakan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masyarakat.


"Kegiatan Posyandu lansia ini termasuk dalam program pemerintah Pekon Bulukarto. dan atas nama pemerintah Pekon kita sangat mensupport kegiatan mereka melalui dana Desa. Selain itu  pelayanan yang diberikan melalui program dan kader, pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit, "ungkap Nurdin.


' Posbindu Pekon Bulukarto ini memiliki peran penting untuk menjaga kualitas hidup lansia di masyarakat. Selain memberikan pelayanan kesehatan, unit pelayanan terkecil ini juga akan memfasilitasi berbagai kegiatan non-medis agar lansia memiliki wadah untuk berkarya dan berkegiatan, "sambung Nurdin. (Pakpahan)

Editor : Iwan Rozadi

×
Berita Terbaru Update