Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Ketua DPRD Ajak Masyarakat Memiliki Rasa Bangga Sebagai Bangsa Indonesia

| Agustus 16, 2022 WIB
Ketua DPRD Buton Tengah, Bobi Ertanto, (Foto : Muhammad Shabuur/Kabardesa.co.id)


KABARDESA.CO.ID, BUTON TENGAH - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah, Bobi Ertanto dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 77 Tahun Republik Indonesia (RI) mengajak masyarakat berbanga diri sebagai bangsa indonesia, hal ini seharusnya dimiliki seluruh masyarakat Indonesia. 

Hal ini disampaikan pada paripurna pidato acara pokok mendengarkan pidato kenegaraan presiden republik Indonesia menyambut hari ulang tahun ke-77 proklamasi  kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022.

“Hari itu merupakan titik kulminasi dari perjalanan dan perjuangan panjang bangsa Indonesia, untuk melepaskan diri dari belenggu penjajah tiga ratus lima puluh tahun atau tiga setengah abad, bangsa Indonesia dijajah dan ditindas, dieksploitasi sumberdaya alamnya oleh imperialisme dan kolonialisme, pembebasan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan merupakan momen dari serangkaian peristiwa yang perlahan namun pasti, yang mengarah ke satu tujuan yaitu kemerdekaan bagi bangsa dan negara Indonesia” Kata Bobi Ertanto dalam sambutanya, dihadapan Anggota DPRD dan Pemerintah daerah Kabupaten Buton Tengah, Selasa (16/8/2022).
 
Pada tanggal 17 Agustus 2022 lanjut Bobi, seluruh bangsa Indonesia akan memperingati hari ulang tahun ke-77 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. kemerdekaan diproklamasikan oleh Bung Karno dan Bung Hatta atas nama rakyat Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945, saat itu adalah hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia

“Pergerakan kemerdekaan saat ini, dibekali semangat pantang menyerah melalui perjuangan bersejarah, perjuangan politik diplomasi dari berbagai pergerakan organisasi politik dan sosial, serta melalui pengorbanan para pahlawan yang rela berkorban jiwa raga. Usaha tersebut telah membuahkan hasil kemerdekaan Indonesia” Ungkapnya lagi.

Maka dari itu sebagai bangsa Indonesia, patut untuk selalu memperingati hari bersejarah tersebut sebagai bentuk penghargaan terhadap pahlawan dimasa lalu yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

“Oleh karena itu tidak hentinya setiap memperingati hari kemerdekaan, kita senantiasa menundukkan kepala bertafakur, memberikan penghormatan yang sangat dalam dan tulus kepada para pejuang dan pahlawan atas pengorbanannya” Urainya.

Saat ini Indonesia merupakan bangsa besar yang sudah memiliki pencapaian besar di segala bidang. Prestasi ini bukan sesuatu yang baru, karenanya sudah banyak menorehkan catatan-catatan yang membanggakan dalam sejarah. 

“Dimomen ini juga saya mengajak kita untuk kembali memahami arti kemerdekaan. Kemerdekaan tidaklah hanya bersifat individual, tetapi merupakan cerminan kondisi bangsa yang terdiri dari berbagai komponen masyarakat. Marilah kita memaknai kemerdekaan ini sebagai sebuah kebebasan, bukan saja bebas dari segala bentuk penindasan dan penjajahan bangsa lain tetapi juga bebas dalam bekerja, berprestasi dan menentukan pilihan” Ucapnya.

Seperti yang diketahui bersama 2 tahun lebih Indonesia menghadapi tantangan dan ujian, kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi sangat dirasakan oleh setiap rakyat Indonesia dipenjuruh tanah air akibat dampak pandemi covid19 yang belum berakhir.

“Namun ditengah keterpurukan kita harus tetap yakin dan bersyukur dengan semangat perjuangan dapat membuat Indonesia bertahan dalam badai pandemi ini. Tahun ini Indonesia merayakan hari ulang tahunnya yang ke77 yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas dan lugas” Ungkapnya.

Sebuah refleksi dari nilai-nilai pancasila dan bhineka tunggal ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama “pulih lebih cepat bangkit lebih kuat” menuju Indonesia maju” Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat tentunya memiliki makna tersendiri, semua elemen bangsa dengan semangat pantang menyerah bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan. 

Kinerja dari pemerintah dan gerakan dari masyarakat bersinergi bersama untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi disemua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global untuk meraih masa depan. (Adv/Redaksi)

×
Berita Terbaru Update