Notification

×

Iklan

-

Iklan

Ini Tanggapan Anggota DPRD Bone Terkait Nenek Sitti Tidak Terima BLT DD

| Mei 07, 2022 WIB

 

Anggota DPRD Kabupaten Bone,Andi Muh.Salam
( Kabardesa/ulhy )

BONE,KABARDESA.co.id,- Kepala Desa Waji Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten  Bone,  H.Setta mengeluarkan Sitti (75 ) yang hidup sendiri dirumahnya karena dianggap banyak sawahnya dan juga masih ada cucunya yang bisa menanggung hidupnya.


H.Setta mengaku bahwa sekitar 40an penerima yang namanya di buka karena beberapa pertimbangan, diantaranya  penduduk asli berhak terima semua BLT, masih ada yang dianggap lebih miskin dari Sitti dan ada yang kehilangan mata pencariannya karena Covid - 19.


" Ada 40an orang ndi, pertimbangannya adalah Penduduk desa asli berhak terima BLT,Masih ada miskin dibawah taraf kemiskinan, Orang kehilangan mata pencariannya, untuk Sitti pertimbangannya karena banyak sawahnya dan  banyak cucunya yang bisa menanggung" Ujarnya melalui sambungan telepon Whatsapp. ( Sabtu,07/05/2022 ).


Anggota DPRD Kabupaten Bone, Andi Muh.Salam, menganggap persoalan Sitti dibuka oleh Pemerintah Desa sebagai penerima BLT harusnya tidak terjadi karena sangat jelas Pemerintah memberikan ruang kepada masyarakat miskin untuk mendapatkan bantuan tersebut.


" Harusnya tidak ada lagi permasalahan seperti ini. Sangat jelas pemerintah memberikan ruang untuk masyarakat kita untuk mendapatkan bantuan ini dengan regulasi baru yang dibuat. Undang-Undang Nomor 2 tahun 2020 harusnya menjadi patokan berbagai langkah taktis dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 di tanah air. Salah satu implementasinya ya di 2022 untuk Dana Desa difokuskan untuk Bantuan Langsung Tunai sebagai jaring pengaman sosial." Ujarnya.


Dengan adanya BLT yang bersumber dari Dana Desa, Andi Muh.Salam yang biasa dipanggil Lilo AK ini, mengatakan bahwa harusnya dengan bantuan ini sudah bisa dipamerkan persentase kemiskinan dan pengangguran di setiap Desa.


"Harusnya, penggunaan dana desa sudah harus mampu memamerkan, menunjukkan outcomenya, berupa berapa sih warga miskin biasa yang terentaskan, berapa sih persentase pertumbuhan ekonomi warga desa, berapa persen pengangguran desa dapat tertangani hingga seberapa besar kontribusi dana desa menahan angka putus sekolah di desa” pungkasnya.


Sevelumnya, Beberapa warga Desa Waji Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone yang tergolong warga kurang mampu tidak menerima  Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) dari Pemerintah Desa.


Salah seorang warga yang sudah lanjut usia dan tinggal seorang diri,Sitti ( 75 ), tahun sebelumnya menerima BLT, namun tahun ini tiba - tiba namanya hilang dalam daftar penerima.


" Sebelumnya dia menerima bantuan tapi sekarang tidak terima lagi padahal dia tidak terima bantuan lain, bahkan untuk makan saja, saya yang selalu bawakan" ujar ZK,  yang merupakan salah satu keluarga Sitti .( Selasa,03/05/2022).


ZK juga menambahkan bahwa keluarganya yang sudah lanjut usia ini, dikeluarkan sebagai penerima BLT tanpa pemberitahuan terkait alasan dikeluarkan.


" Tidak ada pemberitahuan dia dikeluarkan sebagai penerima" lanjut ZK.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, belasan warga kurang mampu tiba - tiba tidak lagi menerima BLT pada tahun 2022 ini, dimana total penerima BLT di Desa Waji sebanyak 154 keluarga.



×
Berita Terbaru Update