Notification

×

Iklan

-

Iklan

Pencegahan dan Pengobatan Covid-19 Dengan Pengobatan Tradisional (Herbal) Part 3

| Oktober 20, 2021 WIB


RAMLI, SKM., M.Kes

(Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UMMU & Wakil Sekretaris 2 KKST Maluku Utara)


HABBATUSSAUDA (Jintan Hitam)


Habbatussauda adalah salahsatu tanaman obat yang termasuk dari pengobatan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, berbentuk biji hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, Mesir dan negara-negara timur tengah lainnya untuk mengobati berbagai macam penyakit.


Habbatussauda adalah obat yang dapat dikonsumsi untuk peningatan kesehatan, pengobatan penyakit, pencegahan penyakit dan pemulihan kesehatan. Dan obat herbal ini tanpa zat/bahan kimia, tanpa zat/bahan pewarna, tanpa zat pengawet dan tanpa efek samping. Obat ini merupakan salah satu obat herbal Islam dan sebagai suplemen alami yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit salahsatunya Covid-19, Hal ini sebagaimana Nabi Muhammad Saw. bersabda :


”Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian” (HR. Bukhori & Muslim).


20 Khasiat dan Manfaat Habbatussauda:


(1) Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada tahun 1986, Drs. El-Kadi dan Kandi memimpin sebuah studi dengan beberapa relawan untuk menguji efektivitas jintan hitam sebagai tingkat peningkat sistem kekebalan tubuh alamiah. Kelompok relawan pertama mengkonsumsi kapsul jintan hitam (2 x sehari, dosis tiap kali minum 1 gram) selama empat pekan. Setelah itu, kelompok kedua diberikan placebo.


Sebelum penelitian dimulai, jumlah limfosit (sejenis sel darah putih pada sistem kekebalan manusia) para relawan dihitung. Begitu pula sesudah pemakaian selama 4 pekan. Hasilnya, limfosit reawan yang mengkonsumsi habbatussauda mengalami peningkatan 72% dalam menekan rasio T-cell, yang berfungsi sebagai pembuluh sel secara alamiah. Kelompok yaang mengkonsumsi placebo hanya meningkat 7%.


Mereka melaporkan bahwa mungkin penemuan ini termasuk salah satu penemuan besar karena habbatussauda ternyata mempunyai peranan penting dalam penyembuhan kanker, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Hasil ini diperkuat dengan studi yang dipublikasikan dalam Saudi Pharmaceutical Journal tahun 1993 oleh Dr. Basil Ali dan rekan-rekannya dari College of Medicine, King Faisal Universty. Jintan hitam memiliki aktifitas antivirus terhadap infectious taryngotracheitis virus (Dhadhang, 2010)


Dengan demikian, mengkonsumsi jintan hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Prof. G. Reitmuller, Direktur Institut Immonologi, Universitas Munich, menyatakan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Hasil penelitian Dr. Ahmad Al Qadhy (1986) dan laporan penelitian lainnya seperti tertera dalam Jurnal Farmasi Pakiistan (1992) juga menunjukkan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (imunitas) terhadap penyakit.

(2)    Melawan Kanker, Tumor, dan AIDS, (3) Meningkatkan Daya Ingat, Konsentrasi, dan Kewaspadaan, (4) Meningkatkan Bioaktif Hormon, (5) Menetralkan Racun dalam Tubuh, (6) Mengatasi Gangguan Cemas, (7) Pengobati Asma dan sebagai Anti Alergi (Antihistamin), (8) Memperbaiki Saluran Pencernaan dan Anti Bakteri, (9) Meremajakan Sel-sel Kulit, mengurangi Jerawat, dan Menunda Proses Penuaan, (10) Nutrisi bagi Lansia dan Food Suplemen, (11) Kemampuan Spermatogenesis (Pembentukan Sperma), (12) Memiliki Aktivitas Antiradang, (13) Mengatasi Gangguan Tidur dan Stres, (14) Melancarkan Air Susu Ibu (ASI), (15) Tambahan Nutrisi pada Ibu Hamil dan Balita, (16) Menghilangkan Kecanduan Narkoba, (17) Memiliki Aktivitas Antimalaria, (18) Menurunkan Kadar Gula Darah pada Penderita Hiperglikemia (Diabetes), (19) Menurunkan Kadar Kolestrol Darah pada Penderita Hiperkolesterol, (20) Memeliki Khasiat Haemopoetic, Agen Anti-anemia.


Dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari Virus Corona (Covid-19) ada 3 Jenis produk Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) yang penulis konsumsi yaitu:


1.    KOPI 7 ELEMEN (HPAI)


Kopi 7 Elemen adalah minuman yang terdiri dari kopi dengan 7 tanaman herbal yaitu: (1) Habbatussauda (Biji); (2) Jahe (Akar); (3) Kayu Angin (Batang); (4) Manggis (Kulit); (5) Daun Sedok (Daun); (6) Gula Palm (Bunga); dan (7) Mengkudu (Buah).


Manfaat dan Khasiat Kopi 7 Elemen:


(1)  Sumber energi instan, (2) Menjaga dan meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, (3) Memperbaiki metabolisme tubuh, (4) Memperbaiki kinerja organ tubuh, (5) Melancarkan peradaran darah, (6) Sebagai anti tumor dan anti kanker, (7) Mengobati dan Mencegah oesteoprosis, rematik, Diabetes, Hipertensi, dan penyakit Jantung, (8) mengatasi Diare, nyeri lambung, wasir dan sembelit, (9) Menghilangkan stres, (10) Meningkatkan kualitas sperma, (11) Meluruhkan batu ginjal, (12) Membuang racun, (13) Kecerdasan.


Alasan Penulis memilih Kopi 7 Elemen HPAI, karena ada Kandungan Habbatussauda dan Jehe serta tanam herbal yang lain yang tak kalah khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Dan cara minum/penyajian kopi yang penulis lakukan yaitu dengan mengkombinasikan (mencampurkan) Kopi 7 Eleman dengan Madu S. Jaga, sehingga Kopi lebih terasa nikmat, menyegarkan dan menyehatkan.


2.    MADU SAPUT JAGA (HPAI)


Madu Saput Jaga mengandung bahan-bahan terpilih dari alam yang  sangat bermanfaat untuk tubuh. Madu S. J merupakan produk yang diracik secara khusus dari 7 herba pilihan yaitu: (1) Madu Multifora, (2) Sari Kurma Murni, (3) Spirulina, (4) Pegagan, (5) Ilalang, (6) Sambiloto, dan (7) daun Sirsak.


Manfaat Umum Madu S. Jaga: untuk Ketahanan Stamina dan Memulihkan Kesehatan. Dan Manfaat Khusus yaitu:

1. Madu : Berbagai penyakit dan keluhan, staminah tubuh, kecantikan kulit wajah dan tubuh.

2. Sari Kurma : Stamina tubuh, pemulihan demam berdarah, ibu hamil dan menyusui, membantu proses melahirkan, balita dan pertumbuhan anak, nafsu makan.

3. Spirulina : ”Super Food” = Gizi Tinggi.

4. Pegagan : Memiliki sifat manis dan sejuk, anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni.

5. Ilalang : Mengatasi asma, diare, hipertensi akibat sakit ginja, kencing batu, keputihan, melancarkan air seni, mimisan, hepatitis, prostat, radang paru paru

6. Sambiloto : Menghambat proses oksidasi,  yang dipicu oleh radikal bebas, meningkatkan kesempatan sel heper untuk melakukan regenerasi.

7. Daun Sirsak : Antikanker alami.


3. TRUSSON (HPAI)


Kegunaan:

Ramuan Khusus Untuk Pria Deawasa;

Membantu Memelihara Stamina Pria; dan

Dapat Memelihara Daya Tahan Tubuh


Kandungan:

(1) Pasak Bumi, (2) Purwaceng, (3) Biji Jinten Hitam (Habbatussauda), (4) Jahe, dan (5) Cabai Jawa. 


PENUTUP


Di masa pandemi virus Corona ini, masyarakat perlu menjaga daya tahan tubuh. Imunitas prima menjadi kunci melawan penularan penyakit COVID-19. Menurut pemerintah, penderita COVID-19 dapat sembuh dari virus bila daya tahan cukup kuat. Dan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Rita Rogayah mengungkapkan daya tahan tubuh akan menentukan proses penyembuhan seorang pasien positif terinfeksi saluran pernafasan karena COVID-19.


Dengan penjelasan di atas, maka marilah kita Menjaga Kesehatan dan Tingkatkan Imunitas Tubuh sebagai pencegahan dan pengobatan dari Virus Corona (Covid-19) dengan mengkonsumsi Produk Herbal.


Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW, “Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah ‘azza wajallah.” (HR Muslim). Ditegaskan pula oleh Nabi Muhammad SAW, “Allah tidak akan menurunkan penyakit melainkan menurunkan obatnya juga.” (HR Bukhari)


Keterangan:


Tulisan ini telah Diterbitkan dalam Buku : 

COVID-19 SUATU PERSPEKTIF ILMIAH,

Penerbit: Gramasurya & UMMU Press,

Yogyakarta, 2020

(ISBN : 978-623-7993-07-0)

 

×
Berita Terbaru Update