Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

API Awards 2021, Buteng Ikutkan 2 Kategori

| Oktober 28, 2021 WIB
OKESULSEL.COM, BUTON TENGAH SULAWESI TENGGARA - Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali ikut serta dalam ajang Anugrah Pesona Indonesia (API)   Awards tahun 2021. Berbeda dengan tahun  sebelumnya, dimana hanya satu kategori yang di ikutkan, tahun ini Buteng ikut 2 buah kategori sekaligus, yaitu kategori makanan khas daerah serta kategori lompat tebing (cave jumping). 

Untuk kategori makanan khas daerah sendiri, Pemkab Buteng melalui Dinas Pariwisata mengambil Kadampi sebagai nominator yang mewakili daerah tersebut. Sedangkan pada kategori cave jumping, Permandian goa Mau'obu yang masuk sebagai nominator pada ajang API wards tahun ini. 

"Jadi itu, yang masuk dalam nominasi API tahun ini ada 2, yang satu kategori makanan  khas, yang satu lagi kategori cave jumping," ungkap Wujuddin, Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Kamis (28/10/2021). 

Wujuddin mengatakan Kadampi yang merupakan salah satu makanan khas di Buteng sengaja diambil untuk mengikuti ajang pesona wisata terbesar di Indonesia ini agar kedepannya masyarakat lokal maupun yang berasal dari luar Buteng bisa mengenal potensi wisata Buteng bukan hanya berupa pantai dan goa, tetapi juga dari segi kuliner. 

"Kadampi sendiri kan terbuat dari bahan yang memang ada pada masyarakat kita, yaitu ubi kayu atau singkong yang diparut lalu dikukus dan ditambahkan gula merah," jelasnya. 

Sedangkan untuk permandian goa Mau'obu kata Wujuddin selaim memiliki keindahan dalam bentuk goanya, tempat ini juga memiliki daya tarik tersendiri khususnya bagi para pecinta cave jumping. 

Lebih lanjut, Wujuddin menambahkan bahwa  batas akhir voting untuk kedua kategori ini akan berakhir pada 31 Oktober 2021 dan puncak penganugrahanya akan berlansung pada akhir tahun ini. Untuk itu, Ia berharap masyarakat dan juga pemerintah daerah Buteng bisa turut andil dalam melakukan vote. 

"Caranya bisa memberikan like dan coment mlalui postingan youtube dan Ig (Instagram) API awards dan bisa melalui SMS ketik API spasi 1C untuk makanan khas dan API spasi 8E untuk cave jumping, kirim ke 99386," pungkasnya. 

Reporter: Agus
×
Berita Terbaru Update