Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Sidrap Level 3 Covid-19 di Sulsel, dr Budi Santoso Sebut Sidrap Berada Di Risiko Sedang

| Juli 15, 2021 WIB

 



KabarDesa.Co.Id, Sidrap - Pemerintah Provinsi  Sulsel melakukan pemetaan penilaian situasi Covid-19 Tingkat Kabupaten / Kota se Sulsel.


Adapun situasi Covid-19 untuk Kabupaten Sidrap pada 10 Juli 2021 menempatkan daerah berjuluk Kota Sejuta Alquran itu berada di level 3. Lalu.


Hal tersebut di ungkapkan Direktur RS Arifin Nu'mang Rappang, Sidrap, dr Budi Santoso MM, saat di konfirmasi melalui ponselnya, Kamis, 15 Juli 2021.


Menurut dr Budi, Kab Sidrap berada di level 3 situasi Covid-19, dapat diartikan bahwa daerah tersebut berada di risiko sedang.


"Untuk kategori level 3 atau risiko sedang itu, dapat dimaknai bahwa daerah itu mengalami risiko tinggi penyebaran virus dan potensi virusnya tidak terkendali," ungkap dr Budi Santoso.


dr Budi Santoso menjelaskan, tingkat transmisi Covid-19 pada daerah yang berada di level 3 seperti Sidrap tersebut, itu transmisi lokalnya mungkin bisa terjadi dengan cepat


Lanjut Budi Santoso, mengatakan Demikian pula, transmisi dari imported case berpotensi terjadi secara cepat, sehingga klaster-klaster baru harus terpantau dan dikontrol melalui testing dan tracing agresif.


Dalam situasi seperti itu, kata dr Budi  masyarakat disarankan tetap berada di rumah dan tetap menjaga jarak jika diluar rumah di semua aspek.


Untuk menghindari cepatnya penularan virus corona itu, dr Budi Santosa juga menyarankan agar dilakukan pembatasan penumpang dan protokol kesehatan ketat pada transportasi publik


Lainnya, imbau  Budi Santoso, masyarakat diminta untuk bekerja dari rumah, kecuali untuk fungsi-fungsi tertentu


Tempat umum sebaiknya ditutup sementara, dan perjalanan dengan protokol kesehatan tetap diperbolehkan


Begitu pula, aktivitas bisnis dapat dibuka namun terbatas selain keperluan esensial seperti farmasi, supermarket bahan sembako, klinik dan statisun bahan bakar dengan tetap memberlakukan fysical distancing


"Yang terpenting juga, agar fasilitas Pendidikan ditutup sementara jika terlanjur sudah dibuka serta saya sarankan agar kelompok rentan sebaiknya tetap tinggal di rumah," terang Budi Santoso.


Menurut dr Budi, saat ini bukan hanya Sidrap yang berada di level 3 pemetaan situasi Covid-19 di Sulsel.


"Ada 10 daerah lainnya di Sulsel yang selevel dengan Sidrap, yakni Toraja, Tana Toraja, Soppeng, Sinjai, Luwu Timur, Kota Palopo, Selayar, Jeneponto, Bulukumba dan Barru," ungkap Budi Santoso.


Saat ini, kata dr Budi Santoso jumlah penderita Covid-19 yang di rawat di rumah sakit, khususnya di RS Arnum Rappang naik terus.


"Naik terus ini, saya rasa Sidrap sekarang ini tidak sedang baik-baik saja. Dari 28 tempat tidur Covid-19, sekarang terisi 24 tempat tidur," ungkap Budi Santoso. (Yusuf)

×
Berita Terbaru Update