Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Sebanyak 162 Siswa SMKS Katolik Kefamenanu Mengikuti Uji Kompetensi Keahlian 2021

| April 27, 2021 WIB


KABARDESA, KEFAMENANU - Sebanyak 162 Siswa/I Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Katolik Kefamenanu yang terletak di Jalan Yos Soedarso, Kelurahan Aplasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengikuti Uji Kompetensi keahlian (UKK) tahun 2021. 

Pantauan media, peserta UKK SMKS Katolik Kefamenanu mengenakan jas hitam  bagi jurusan Otomatisasi tata kelola perkantoran (OTKP) dan Bisnis Daring dan Pemasaran sedangkan siswa/i jurusan Multimedia dan Akuntansi mengenakan baju kejuruan. 

162 siswa yang mengikuti UKK tahun ini yang dimulai pada hari ini, Selasa 27 April hingga 30 April 2021 terbagi dalam 4 jurusan yaitu Program Keahlian Multimedia sebanyak 41, Bisnis daring dan pemasaran sebanyak 18, Otomatisasi Tata kelola perkantoran sebanyak 46, Akuntansi dan keuangan lembaga sebanyak 57. Demikian disampaikan Yanuarius Bere Kehik, S.E selaku  Ketua panitia saat di wawancarai wartawan media ini di ruang kepala sekolah pada 27 April 2021.

UKK ini dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana kompetensi keahlian dari siswa/i  dari setiap jurusan, yang dimulai pada pukul 07.30 hingga pukul 15.30 Wita jelas Kaur Kurikulum SMKS Katolik Kefamenanu. 

"Untuk penilainya sesuai kriteria Standar Penilanian Kompetensi (SPK) dan penyusunan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan" Kata Yan yang akrab disapa.

Untuk menguji keahlian  siswa dan siswi  dari setiap jurusan kita datangkan penguji yang kemudian lebih uji ke produk yang di hasilkan siswa/I dari setiap jurusan yaitu dari penguji internal juga kita datangkan penguji eksternal seperti Dinas Kearsipan kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)  untuk program keahlian OTKP dan Dosen dari Universitas Timor untuk Akuntansi dan keuangan lembaga, jelas Yanuarius.

Semoga 162 siswa ini menampilkan yang terbaik sesuai  bekal keterampilan yang dimilik dan selalu sehat untuk menghasilkan hasil yang memuaskan agar sampai pada penenetuan hasil kelulusan bisa peroleh 100% kelulusan, harap Putra Malaka ini. 

Senada dengan Yanuarius Bere Kehik, S.E Melanian Hania, S.Pd kepala sekolah SMKS Katolik kefamenanu saat di temui di ruanganya mengatakan bahwa Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. 

Kita akan mengukur keahlian siswa melalui produk yang dihasilkan dan dapat di uji oleh penguji baik internal maupun eksternal, Ungkap Melania.

Harapan yang sama disampaikan oleh Melanian Hania, "Semoga kedepanya SMKS katolik Kefamenanu menjadi sekolah vokasional yang dapat menjadi pelayan pendidikan yang bermutu dan berkualitas dalam aspek apapun dan mampu menghantarkan 162 peserta UKK yang akan menjadi output dari SMKS, dapat menjadi pribadi yang tangguh, berkarakter sehingga mampu ikut mencerdaskan bangsa dan negara dan meningkatkan kehidupan masyarakat yang lebih baik demi nama baik almamater. (BB)
×
Berita Terbaru Update