Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Rumah Warga Kelurahan Patokan Diserang Ribuan Ulat Bulu

| Maret 20, 2021 WIB


Kabardesa.co.id, SITUBONDO  - Berdasarkan informasi dari masyarakat yang mengatakan bahwa, ada10 rumah di Lingkungan Plaosa RT.001 RW.004, Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo di ‘serang’ ribuan ulat bulu, BPBD bertindak tegas dan berkoordinasi dengan instamsi terkait untuk melakukan penyemprotan obat serangga, Sabtu (20/3/2021).


Informasi yang didapat dari Puriyono, penyusun laporan Pusdalops BPBD Situnondo, sebelum ulat bulu tersebut ‘menyerang’ rumah-rumah penduduk, awal mulanya ulat bulu merebak di sekitar pepohonan mangga milik warga pada tanggal 10 Maret 2021. Selanjutnya, pada tanggal 15 Maret 2021 ulat buluh semakin banyak dan mulai masuk ke pemukiman warga menempel di dinding - dinding rumah warga.

Dengan merambatnya ulat bulu di dinding-dinging rumah, warga mulai merasa terganggu dan merasakan gatal pada kulit kemudian warga mematikan ulat tersebut secara manual yaitu membakar ulat buluh menggunakan api obor. Namun, bukan ulat bulu tersebut habis malah semakin banyak. Dan kemudian warga melaporankan serangan ulat bulu ke BPBD Kabupaten Situbondo.


“Begitu dapat laporan dari warga, kita langsung menindak lanjuti laporan tersebut serta berkordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penyemprotan ulat bulu dengan cairan obat serangga pada pohon mangga  dan rumah - rumah penduduk yang kemasukan ulat. Usai disemprot ulat bulu itu sudah banyak yang mati,” jelas Puriyono penyusun laporan pada Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Kabupaten Situbondo.

×
Berita Terbaru Update