Notification

×

Iklan

Iklan

.

Tag Terpopuler

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2020 Dipimpin Sekda Manggarai Timur

Selasa, 22 Desember 2020 | 12:57 WIB Last Updated 2020-12-22T04:57:06Z

 



KabarDesa.Co.Id, Manggarai Timur -- Apel gelar pasukan yang dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan “Operasi Lilin-2020” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik dalam aspek personil, sarana prasarana, dan keterlibatan unsur terkait seperti TNI, POLRI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.


Operasi Lilin-2020 akan dilaksanakan selama 15 hari, tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 04 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan professional dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19.


Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Ir. Boni Hasudungan Siregar menjadi Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2020, Senin (21/12/2020) bertempat di halaman Kantor Bupati Manggarai Timur di Lehong – Borong.


Turut hadir dalam apel gelar pasukan ini Kapolres Manggarai Timur, AKBP Nugroho Arie Siswanto, Danramil 1612-04 Borong, Kapten Infantri Zainuddin H. MS dan pimpinan OPD lingkup Pemda Kab. Matim.


Dalam amanatnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (KAPOLRI), Drs. Idham Azis, M.Si, yang dibacakan oleh Sekda Matim menegaskan bahwa pengamanan ini tidak boleh dianggap hanya sekedar agenda rutin  tahunan biasa, sehingga menjadikan kita kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli.


“Jangan sampai perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 menimbulkan klaster–klaster baru peyebaran Covid-19,"tegasnya.


Lebih lanjut, KAPOLRI mengharapkan agar seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing–masing daerah.


“Saya menekankan beberapa pedoman dalam pelaksanaan tugas yaitu siapkan mental dan fisik, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, tingkatkan kepekaan dan kewaspadaan, laksanakan pengamanan secara professional dan humanis, laksanakan penegakan hukum secara professional dan  proporsional, mantapkan kerja sama dan solidaritas serta tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protocol kesehatan mencegah penyebaranCovid-19," tutupnya.


Dalam sambutan singkatnya, Sekda Matim atas nama Pemda Matim menyampaikan ucapan Selamat Merayakan Pesta Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 bagi seluruh ASN lingkup Pemda Matim dan untuk seluruh masyarakat Manggarai Timur.


Apel Gelar Pasukan ini juga dipadukan dengan apel Pembukaan Orientasi bagi CPNSD Formasi Tahun 2019 yang akan melaksanakan orientasi selama 2 hari (21–22 Desember 2020). Selain itu, juga dilakukan serah terima 1 unit bus sekolah bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk Pemda Matim yang secara simbolis diserahkan oleh Kadis Perhubungan Matim, Gaspar Nanggar, S.ST kepada Sekda Matim yang mewakili Bupati Manggarai Timur. (Hubertus Basri)

×
Berita Terbaru Update