Notification

×

Iklan

Iklan

.

Tag Terpopuler

Curah Hujan Tinggi, 3 Kecamatan di Wajo Masih Terendam Banjir

Minggu, 09 Juni 2019 | 09:00 WIB Last Updated 2020-04-15T09:40:17Z
KabarDesa.Co.Id, Wajo -  Taiga Kecamatan di Kabupaten Wajo, masih terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi mengguyur sebagian wilayah Sulawesi Selatan, dua hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah atau Tahun 2019.  

"Curah hujan yang tinggi dan di daerah kabupaten tetangga berdampak ke beberapa daerah kecamatan di wilayah Kabupaten Wajo hingga terkena banjir dengan ketinggian bervariasi mulai 20 - 100 centimeter," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Alamsyah di Makassar, Sabtu (8/6).
Tiga kecamatan tersebut yang masih terendam banjir, masing-masing Tempe, Pammana, dan Belawa. Sebelumnya terdapat enam kecamatan yang terendam banjir, tetapi tiga kecamatan airnya sudah surut pada beberapa hari terakhir.    
Terkait dengan antisipasi misi kemanusiaan untuk melakukan evakuasi terhadap korban bencana banjir, kata dia, belum dilakukan karena warga masih bertahan di rumahnya. "Masih bertahan hingga sekarang, untuk pengungsian masih nihil," kata Alamsyah.
Untuk itu, BPBD Wajo mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan cuaca dan kondisi wilayah saat ini termasuk kondisi curah hujan di daerah Kabupaten tetangga seperti Kabupaten Bone, Soppeng dan Sidrap.   
"Maka diimbau kepada seluruh stekholder, baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat untuk tetap waspada menghadapi curang hujan yang tinggi saat ini dengan slogan siap untuk selamat. Mari kita jaga alam kita dan akhirnya alam yang jaga kita hari esok," katanya.    
Selain itu, katanya, tumbuhkanlah budaya sadar bencana agar dapat mempersiapkan diri menghadapinya untuk mengurangi resiko bencana. Kepada seluruh instansi terkait kebencanaan untuk siap siaga menghadapi terjadinya bencana baik personil maupun peralatan dan kemampuan lainnya.   
"Saat ini BPBD melalu Tim Reaksi Cepat atau TRC dan Pusdalops melakukan assesment lapangan terutama di wilayah Kecamatan Belawa," ujarnya. (*)
×
Berita Terbaru Update