Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Berkat Bank Sampah, Masyarakat Cibanteng Berinovasi Ciptakan Lingkungan Bersih Sambil Menabung

| Mei 19, 2019 WIB

KABARDESA.co.id -- Untuk menangani permasalahan sampah, masyarakat Desa Cibanteng RT 07 RW 06 berinovasi mendirikan Bank Sampah Asri Mandiri. Bank Sampah mengumpulkan dan menampung sampah dari masyarakat sebagai tabungan yang bisa dicairkan dalam bentuk uang. Berkat inovasi itu, Desa Cibanteng mampu mendidik masyarakat untuk peduli lingkungan sekaligus meningkatkan perekonomian keluarga.
Desa Cibanteng terletak Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bank Sampah Asri Mandiri berdiri sejak tahun 2013 dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah. Pengelola rajin melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk mengumpulkan sampah, khususnya sampah rumah-tangga, untuk dikirim ke bank sampah sebagai tabungan.
Nama InovasiBank Sampah Asri Mandiri
PengelolaPemerintah Desa Cibanteng
AlamatDesa Cibanteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Kini, Bank Sampah Asri Mandiri telah memiliki 158 nasabah yang tersebar di 7 Rukun Tetangga. Sampah yang berasal dari rumah-rumah itu dipilah menjadi dua, yaitu sampah organik maupun non organik. Mulai dari plastik, botol, kertas dan bekas sayuran.
Kegiatan Bank Sampah mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Cibanteng. Tak berlebihan, Desa Cibanteng mampu menyabet predikat pertama sebagai pengolahan sampah terbaik dan program kampung kreatif dari Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.
Inovasi bank sampah di Desa Cibanteng patut dicontoh oleh desa-desa yang lain. Selain membiasakan masyarakat untuk membiasakan peduli lingkungan, bank sampah mendidik masyarakat untuk menabung dan meningkatkan perekonomian keluarga.

(sumber : https://inovasidesa.kemendesa.go.id/)
×
Berita Terbaru Update